Resep Sup Jagung Ayam

Masak Apa Hari ini – Resep Sup Jagung Ayam seperti sup lainnya sesuai dihidangkan ketika musim hujan dan dingin telah datang menerpa dengan rasa yang gurih dan hangat di badan.




Siapa yang tidak menyukai jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat yang kita miliki. Rasanya yang manis kerap menjadikan jagung sebagai hidangan penutup dengan rasa yang menawan. Tapi, jagung tidak hanya bisa dibuat menjadi hidangan manis, ia juga cocok dijadikan sebagai masakan gurih yang penuh cita rasa. Seperti sup jagung yang cocok disantap ketika musim hujan dan cuaca dingin telah menyapa. Anda bahkan bisa membuat sup jagung Ayam Anda sendiri dengan mengolaborasikan berbagai jenis sayuran dan protein ke dalam sup jagung milik Anda.

Rasa sup jagung yang gurih dengan cita rasa manis dari jagung itu sendiri, menjadikan masakan ini menjadi jauh lebih istimewa. Terlebih ketika Anda memasaknya penuh cinta untuk keluarga yang Anda sayangi. Tidak begitu sulit dalam membuat sup jagung ini. Sama halnya dengan Resep Sop Tulang Iga Sapi dan Resep Sop Gurame serta sup-sup lainnya, resep sup jagung membutuhkan bahan-bahan yang tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Dan saatnya Anda kejutkan orang yang Anda sayangi dengan sup jagung untuk orang-orang kesayangan Anda.

Berikut beberapa bahan yang Anda butuhkan, yaitu:
  • Dada ayam
  • Fillet dari dada ayam
  • Jagung manis
  • Wortel
  • Seledri
  • Daun bawang
  • Bawang putih
  • Bawang Bombay
  • Pala bubuk
  • Merica bubuk
  • Garam
  • Gula pasir
  • Minyak
  • Margarine
  • Air
  • Telur
  • Tepung sagu yang dicampurkan dengan air
Resep sup jagung diatas merupakan resep dasar dari sup jagung ayam. Anda bisa mengganti ayam dengan jenis protein lainnya atau menghilangkan ayam dari resep jika Anda bukan pecinta daging Ayam. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan-bahan dengan mencuci bersih setiap bahan agar lebih higienis dan sehat. Potong-potong terlebih dahulu semua bahan, sehingga ketika eksekusi Anda tidak perlu lagi memotong-motong dan tinggal memasukkan semua bahan yang telah dipersiapkan.
Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan dalam resep sup jagung ayam ini. Anda bisa mengikuti tahap demi tahap pembuatan sup jagung untuk mendapatkan cita rasa yang lebih maksimal. Bahkan bagi Anda yang tengah belajar memasak, sebaiknya mengikuti cara membuat sup jagung ayam yang enak dan lezat berikut. Inilah tahapan cara membuat sup jagung yang bisa Anda praktekkan di rumah, antara lain:
  1. Buatlah kaldu ayam terlebih dahulu dengan merebus dada ayam di dalam panci dengan air sekitar 250 ml. Rebus hingga dada matang dan air mendidih. Ketika Anda menemukan lemak di dalam air, ambil lemak tersebut dan Anda bisa sisihkan. Rebus kembali air sekitar 500 ml sampai air mendidih. Ayam yang telah direbus tersebut bisa Anda masukkan kembali ke dalam air rebusan, dan kecilkan api hingga ayam tersebut mengeluarkan kaldu. Setelah mendidih dan kaldu telah keluar, ambil ayam tersebut dan potong menjadi bentuk dadu.
  2. Kemudian Anda bisa menumis bawang Bombay bersama dengan bawang putih hingga mengeluarkan aroma yang harum dan berubah warna. Beri bumbu seperti garam, gula pasir, jangan lupa tambahkan pala bubuk dengan merica bubuk.
  3. Resep sup jagung berikutnya adalah memasukkan fillet ayam dan tumis hingga berubah warna, kemudian masukkan dada ayam rebus yang telah dipotong dadu bersamaan dengan sayuran yang telah dipotong-potong.
  4. Setelah tumisan menjadi matang, masukkan tumisan ke dalam air kaldu. Biarkan tumisan menjadi matang sempurna di dalam air rebusan kaldu. Cicipi kembali rasa dari sup jagung Anda.
  5. Kemudian telur dikocok lepas dan masukkan ke dalam air kaldu, diamkan selama 7 detik kemudian aduk perlahan hingga membentuk serabut.
  6. Terakhir adalah masukkan tepung sagu yang telah dilarutkan dengan air dan biarkan kembali mendidih dan meletup-letup.
  7. Setelah sup jagung Anda matang, angkat dan sajikan.
Resep Sup Jagung Ayam  ini sangat cocok dihidangkan panas saat hujan turun ditemani dengan segelas air putih hangat. Selamat mencoba.

3 Responses to "Resep Sup Jagung Ayam"

  1. Bawang bombay selalu buat sedap ya.. biasanya jadi enak aja klo ada bawang preii ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak tapi nggak suka bawang bombay bisa bawang biasa saja

      Delete
  2. jagung dirajang dan diberi bumbu bawang saja terasa enak sekali apalagi ditambahi dengan bumbu lainnya
    pasti mantap

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel