Objek Wisata Sejarah Candi Plaosan


Setelah berkunjung ke Candi Prambanan jangan sampai anda pulang dahulu karena masih terdapat kompleks percandian lain yang sama menariknya yaitu Candi Plaosan yang berlokasi tidak jauh dari Prambanan. Kompleks candi ini berada di Desa Bugisan, Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Jika anda dari Lokasi Candi Prambanan dan ingin berkunjung ke Plaosan maka anda hanya tinggal menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer. Harga tiket masuknya pun lebih murah dari harga tiket masuk objek wisata baik Candi Prambanan maupun Candi Borobudur.
Candi Plaosan merupakan candi umat Budha karena terdapat banyak stupa dan kemuncak stupa di kawasan candi ini. Selain itu, adanya arca Budha juga semakin memperkuat bukti bahwa candi yang dibangun pada abad ke-9 ini merupakan candi Budha. Yang membangun kawasan candi ini adalah Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada jaman pemerintahan Mataram Kuno.

Candi Plaosan yang Tidak Kalah Indahnya dengan Candi Prambanan

Di kompleks objek wisata sejarah Candi Plaosan terdapat dua buah candi yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor. Para pengunjung yang datang ke kedua kawasan candi ini akan disuguhi berbagai macam relief dan arsitektur unik bersejarah jaman dahulu. Di Plaosan Lor terdapat dua buah candi yang menggambarkan tokoh laki-laki dan tokoh perempuan. Kemudian di bagian utara dari Plaosan Lor terdapat 116 stupa serta 50 candi perwara dan juga terdapat sebuah parit buatan.

Keindahan Objek Wisata Sejarah Candi Plaosan di Klaten


 Dan di sini para pengunjung juga dapat melihat perpaduan arsitektur antara kebudayaan Budha dan kebudayaan Hindhu meskipun candi ini adalah candi umat Budha. Sedangkan di bagian Plaosan Kidul tidak terdapat candi induk seperti Plaosan Lor, namun ada beberapa stupa dan candi perwara dan beberapa candi tersebut juga telah dipugar. Di sekeliling area candi, banyak sekali rerumputan hijau sehingga para pengunjung banyak yang duduk-duduk di atas lapangan rumput ini sambil berfoto ria dengan latar belakang Candi Plaosan Klaten Jawa Tengah yang mempesona.

0 Response to "Objek Wisata Sejarah Candi Plaosan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel