Desa Wisata Trumpon

Trumpon Resort merupakan obyek agro wisata lereng gunung merapi dengan panorama keindahan alam dan perkebunan salak pondoh yang tertata bersih. Pada obyek tersebut terdapat fasilitas gardu pandang dengan bangunan bertingakat 3 dengan luas bangunan 25 meter persegi. Gardu pandang dilengkapi dengan alat teropong yang berfungsi untuk melihat panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Menoreh, Gunung Sumbing serta pegunungan pantai selatan. 


Desa Wisata Trumpon terdiri dari satu padukuhan yaitu Padukuhan Salam-Trumpon, masuk dalam Desa merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis wilayah ini terletak di kaki Gunung Merapi bagian selatan (barat daya), atau arah barat laut ibukota Kabupaten Sleman dengan jarak sekitar 13 km, sedang jarak kota Yogyakarta 24km. 

Udara diwilayah ini cukup sejuk karena berada diketinggian 500m diatas permukaan laut. Lokasi ini terletak pada jalur wisata Candi Prambanan - Kraton Jogjakarta - Kaliurang - Candi Borobudur. Lokasi tersebut juga merupakan posisi potensial yang strategis untuk pertumbuhan wilayah, terutama dari aspek ekonomi berbasis pertanian, khususnya wisata agro salak pondoh yang sudah cukup dikenal karena menjadi komoditi  nasional dan saat ini salak pondohnya telah mendapatkan sertifikat Prima 3 pertama di Indonesia. Selain itu masyarakatnya juga memiliki karakter sosial, memiliki budaya kesenian tradisional serta yang tidak kalah pentingnya kawasan ini memiliki daya tarik keindahan panorama Gunung Merapi.

1 Response to "Desa Wisata Trumpon"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel