Resep Bolu Karamel Yang Mudah dan Legit

Anda bosan dengan cemilan yang biasa Anda hidangkan untuk seluruh anggota keluarga Anda? Resep kali ini bisa Anda coba dan praktekkan bagaimana membuat bolu karamel yang terkenal legit dan manis yang banyak digemari sebagai salah satu jajanan pasar. Resep bolu karamel legit ini sangat mudah untuk di buat, Anda hanya perlu mengikuti semua bahan dan cara membuat dalam resep kali ini. Bolu karamel pas dihidangkan sambil santai dengan ditemani secangkir teh atau kopi.
Bolu karamel ini telah terkenal akan kelezatannya. Manis, gurih dan legitnya membuat bolu ini menjadi salah satu jajanan pasar yang laris diserbu para pelanggannya. Kini Anda bisa membuat bolu karamel sendiri di rumah dengan resep bolu karamel yang mudah dan praktis berikut ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit, bisa Anda temukan di toko bahan kue terdekat dari rumah Anda.


Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat Bolu yang mudah. Bahan-bahan dalam resep bolu karamel legit ini di takar untuk 1 loyang bolu karamel. Bahan-bahan tersebut adalah:
  • Tepung terigu yang telah di ayak sebanyak 180 gram
  • Tepung maizena sebanyak 50 gram
  • Gula pasir sebanyak 425 gram
  • Soda kue sebanyak 2 sdt
  • Susu kental manis sebanyak 200 ml
  • Ayam sebanyak 8 butir
  • Air panas sebanyak 450 ml
Cukup mudah bukan bahan-bahan yang dibutuhkan? Selanjutnya adalah melakukan proses pembuatan sesuai dengan resep bolu karamel. Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam membuat bolu ini, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kehati-hatian dalam membuat karamel, yaitu proses pelelehan gula hingga menjadi karamel. Gula yang panas akan membuat tangan melepuh jika terkena percikan gelembung gula panas, sehingga diperlukan ketelitian dan kewaspadaan.

Berikut akan dijelaskan tahap demi tahap proses pembuatan bolu karamel sesuai dengan resep bolu karamel. Cara membuatnya adalah:
  1. Pertama sekali adalah membuat karamel terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan meletakkan gula diatas panci atau wajan dan di masak menggunakan api yang kecil. Masak hingga gula berubah menjadi kecoklatan. Lalu, masukkan air panas dan biarkan mendidih sampai gula larut dan siap menjadi karamel.
  2. Dengan menggunakan mixer, kocok beberapa bahan seperti mentega dengan susu kental manis sampai kedua bahan ini mengembang. Lalu, telur yang telah dipersiapkan dimasukkan satu per satu sembari adonan tetap terus diaduk.
  3. Terigu yang telah diayak dimasukkan ke dalam adonan, tambahkan juga tepung maizena dan soda kue. Aduk perlahan dan masukkan sedikit demi sedikit agar dapat tercampur rata dengan adonan.
  4. Lalu karamel yang telah dipersiapkan dapat dituang ke dalam adonan sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk hingga rata dan telah berubah warna.
  5. Adonan yang telah siap, dapat Anda masukkan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan mengoleskan margarine dan tepung
  6. Kemudian, panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 40 menit atau sampai adonan matang.

Setelah bolu karamel matang, angkat dan dinginkan. Anda bisa menyajikan bolu ini dengan teh atau kopi. Rasa manis bisa Anda sesuaikan dengan selera, bisa menambah atau mengurangi jumlah gula dari resep bolu karamel. Cukup mudah bukan membuat bolu karamel ini. Anda bisa mempraktekkan langsung di rumah hari ini juga untuk cemilan sore nanti. Selamat mencoba.

0 Response to "Resep Bolu Karamel Yang Mudah dan Legit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel