5 Mall (Pusat Perbelanjaan) Terbesar di Dunia

Secara tidak sengaja saya menemukan data bahwa salah satu mall di Indonesia ternyata merupakan mall terbesar di dunia, yakni Grand Indonesia Shopping Town di Jakarta. Data ini berdasarkan data yang dirilis Wikipedia edisi bahasa Inggris mengacu pada luas areanya. Posisi pertama ditempati oleh  New South China Mall yang terletak di Dongguan, China. Dan berikut ini selengkapnya adalah 5 mall terbesar di dunia berdasarkan luas areanya!



Dari data tersebut, ternyata mall terbesar banyak terdapat di Asia dan Asia Tenggara mendominasi daftar teratas dengan Indonesia ‘juaranya.’ Berikut ini adalah posisi 5 teratas atau 5 mall terbesar di dunia versi terbaru :
  1. New South China Mall (Dongguan, China) – Luas : 659,612 m²
  2. Grand Indonesia Shopping Town (Jakarta, Indonesia – Luas : 640,000 m²
  3. SM City North EDSA (Quezon City, Filipina) – Luas : 482,878 m²
  4. 1 Utama Shopping Mall (Petaling Jaya, Malaysia) – Luas : 465,000 m²
  5. Central World (Bangkok, Thailand) – Luas : 429,500 m²
Sumber lengkapnya di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_largest_shopping_malls_in_the_world
Dari data tersebut, memunculkan fakta bahwa gaya hidup dan sifat konsumerisme yang tinggi dan juga menguatkan fakta bahwa Asia Tenggara khususnya Indonesia, selain menjadi basis kawasan produksi produk-produk asing juga sekaligus pasar yang menjanjikan. Dan bukan rahasia lagi, jika khususnya mall di Asia Tenggara termasuk di Indonesia, dipenuhi produk atau merek luar. Hebatnya, kecuali China, negara-negara dengan ekonomi kuat seperti Uni Emirat Arab, India, dan Amerika Serikat harus mall terbesarnya berada diluar 10 besar. Sedangkan Jepang yang memiliki banyak pengusaha dan pabrikan berbagai jenis produk dibelahan dunia, hanya menempatkan mall terbesarnya di posisi 23. Begitupun Inggris yang berada diposisi 27. Adapun Korea Selatan yang produk dan budayanya sedang menjajah dunia saat ini, sama sekali tidak ada di daftar yang dirilis ini.

0 Response to "5 Mall (Pusat Perbelanjaan) Terbesar di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel