Resep Bolu Kukus Santan Pelangi



Bahan / Bumbu :
  • 120 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 75 gram santan kental
  • 120 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh baking powder
  • 3 tetes pewarna hijau
  • 4 tetes pewarna merah
  • 1 sendok teh emulsier
  • Garam secukupnya
Cara Membuat :
  1. Siapkan wadah, masukkan telur dan kocok dengan gula pasir, emulsier, dan garam sampai mengambang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan terus diaduk agar tercampur rata dan tidak menggumpal. Tambahkan baking powder, masukkan santan pelan-pelan dan terus diaduk hingga rata.
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Bagian pertama biarkan berwarna putih, bagian kedua beri pewarna kue warna merah dan terakhir warna hijau.
  3. Nah, ketika akan mengukus adonan, terdapat dua pilihan, Anda dapat memasukkan adonan pada cetakan kue bolu dan Anda juga dapat memvariasikan dengan menatanya pada loyang. Kali ini akan menggunakan loyang saja agar ketika dipotong-potong kuenya membentuk warna seperti pelangi.
  4. Siapkan loyang lalu olesi dengan margarin. Masukkan adonan berwarna merah, lalu adonan warna putih, dan dilanjutkan dengan adonan warna hijau.
  5. Sebelumnya Anda telah menyiapkan kukusan. Setelah air dalam kukusan mendidih, masukkan adonan yang telah diletakkan dalam loyang. Tutup kukusan. Agar uap air tidak jatuh ke kue bolu maka penutup kukusan diberi kain terlebih dahulu.
  6. Kukus adonan sampai matang. Setelah matang, potong-potong persegi, maka akan membentuk kue bolu kukus santan pelangi.
Sama halnya dengan Resep Bolu Coklat, Apabila Anda akan membuat kue bolu kukus, untuk hasil maksimal sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang masih baru. Hal ini juga akan mempengaruhi citarasa dari kue itu sendiri. Kemudian untuk mengocoknya gunakanlah mixer agar hasil adonan dapat lembut seperti yang diharapkan. Jangan lupa untuk menggunakan kecepatan yang tinggi. Kue bolu kukus santan apalagi yang warnanya seperti pelangi banyak disukai anak-anak sehingga jangan pernah menambahkan pewarna yang bukan khusus untuk pewarna makanan. Zat yang terkandung pada pewarna tersebut tentunya tidak baik bagi kesehatan dan perkembangan anak.

Selalu menggunakan kain untuk melapisi penutup kukusan agar uap air tidak jatuh pada kue bolu. Apabila Anda lupa melapisinya dengan kain maka bolu akan lama matangnya karena selalu basah terkena tetesan uap air dari penutup kukusan. Apabila air dalam kukusan belum mendidih, jangan buru-buru memasukkan adonan pada kukusan. Lalu, apabila belum waktunya matang, jangan sering membuka kue bolu kukus santan yang sedang dikukus. Hal ini berakibat pada berkurangnya uap air yang menyebabkan bolu kukus tidak mau mengembang. Waktu yang diperbolehkan bagi Anda membuka kukusan adalah 15 atau 20 menit pertama, maka adonan sudah matang atau paling tidak mendekati matang.

0 Response to "Resep Bolu Kukus Santan Pelangi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel