Tebing Apparalang Potensi wisata luar biasa di Bulukumba

Sulawesi Selatan adalah Provinsi yang menyimpan ribuan tujuan wisata alam yang luar biasa, tidak terhitung banyaknya muncul tempat-tempat tujuan wisata baru yang begitu luar biasa, meski belum begitu terekspos namun sudah memperlihatkan potensi yang luar biasa apabila dikelola dengan serius, kalau kita bicara tentang Bulukumba maka yang terngiang pasti Pantai Tanjung Bira dengan PAsir Putihnya




Atau Tempat Pembuatan Perahu Phinisi di Bonto Bahari yang menyimpan kehebatan Perahu Phinisi yang menjadi Kebanggaan Pelaut Sulawesi Selatan


Nah selain kedua tempat di atas ada sebuah tempat yang pernah masuk My Trip My Adventure yaitu Tebing Apparalang,sebuah tebing yang begitu Cantik

ntuk Tebing Appalarang sendiri, merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki pilihan tempat wisata alam yang unik. Tebing yang memiliki keindahan pantainya yang memukau ini akan menawarkan pengalaman seru.
Apalagi buat lo para backpacker yang senang bilamana mendapatkan tempat baru. Mengenai Bulukumba sendiri, memang juga terkenal dengan berbagai keindahan alam yang memukau. Seperti Tanjung Bira dan Pantai Bara. Jadi tak heran apabila Tebing Apparalang ini memiliki panorama alam yang patut untuk diacungi jempol.
Sebagai backpacker tentunya sangat penting untuk mengetahui informasi mengenai tempat yang ingin dikunjungi, oleh sebab itu mari kita lihat beberapa tips supaya dapat mempermudah lo untuk sampai di titik yang akan memberikan suasana serta pengalaman yang unik.

Transportasi


Keindahan Yang Akan Lo Dapatkan. Credit: nyero.id
Untuk bisa sampai di lokasi Tebing Apparalang ini, hal pertama yang harus lo lakukan ialah memesan tiket pesawat dengan tujuan Kota Makassar. Pada saat tiba di bandara, sebenarnya ada banyak pilihan transportasi yang akan mengantarkan lo untuk sampai di tempat nan indah tersebut.
Namun kalau lo ambil langsung dari bandara, tentunya akan memiliki harga yang sedikit mahal. Namun kalau sesuai dengan kantong lo silahkan langsung menyewa mobil serta pengemudinya. Namun untuk jalur angkutan umum, lo bisa menggunakan jasa bus yang mengarah ke kota lalu berhenti di Lapangan Karebosi. Lalu pilihlah angkot merah dengan tujuan Gowa kemudian turunlah di Terminal Malengkeri.

Lalu dari Terminal Malengkeri, ambilah bus yang mengarah ke Selayar namun lo turun di Tanjung Bira. Dengan kondisi medan yang curam disarankan untuk menyewa sepeda motor dari Tanjung Bira. Untuk biaya penyewaannya juga relatif murah sekitar 50 ribu – 70 ribu.

Lokasi


Sebuah Panorama Alam Yang Indah. Credit: sportourism.id
Tebing atau Pantai Apparalang ini berlokasi di Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kab. Bulukumba. Lokasinya masih satu jalur dengan Tanjung Bira. Tentunya suasana pantai akan langsung lo rasakan pada saat tiba di kawasan ini.

Jalur


Gerbang Pantai Apparalang. Credit: indonesianholic.com
Kurang lebih 5 kilometer sebelum lo tiba di Tanjung Bira atau lebih tepatnya sebelum melewati jalan penurunan Lahongka, lo akan mendapatkan pertigaan jalan. Dari pertiggan tersebut, lo tinggal belok ke kiri menuju Desa Ara. Setelah itu lo akan melewati jalan depan sekolah SMK 6 Perkapalan.
Kurang lebih empat kilometer lo akan menemukan gerbang Pantai Appalarang di sebelah kanan. Atau mudahnya lo akan mendapatkan sebuah lahan parkir luas dan beberapa gapura. Selanjutanya lo tinggal berjalan ke kiri menuju Pantai atau Tebing Apparalang.

Penginapan


Keindahan Tebing Apparalang. Credit: beritadaerah.co.id
Untuk masalah penginapan itu sendiri memang di kawasan Tebing Apparalang ini tidak terdapat tempat penginapan. Oleh sebab itu, disarankan untuk menginap di Tanjung Bira karena di sana terdapat banyak pilihannya.
Atau lo bisa juga untuk mendirikan tenda di kawasan Tebing atau Pantai Apparalang ini. Namun perlu diketahui kalau kawasan ini memiliki kontur tanah yang berbatu.

Warung Makan


Kejernihan Air Di Kawasan Apparalang. Credit: travelingyuk.com
Di kawasan Tebing Apparalang ini tidak terdapat tempat permanen yang menjual makanan atau minuman. Jadi di sarankan untuk membawa bekal sendiri pada saat berkunjung ke tempat ini. Karena tempat ini hanya menyediakan warung-warung tersebut pada saat hari libur atau akhir pekan.
Namun untuk selalu diingat menjaga kebersihan dari tempat ini yaa bro. Karena akan sangat disayangkan apabila keindahan serta panorama indah di tempat ini akan tercoreng oleh karena ulah kita sendiri.

Biaya Masuk


Keindahan Kawasan Apparalang. Credit: arifahsan.com/
Untuk tiket masuk dari tempat ini belum ada, atau masih gratis. Karena memang lokasi ini belum dikelola oleh Dinas Pariwisata setempat. Oleh sebab itu merupakan sebuah keuntungan untuk kita bilamana ingin berkunjung ke sana.
Mungkin hanya diperlukan biaya untuk membayar parkir motor atau mobil. Lalu terdapat tangga kayu menuju dermaga yang dibangun oleh Dinas Kelautan, karena dari kawasan Apparalang sendiri terdapat menara pandang untuk memantau penangkapan ikan di laut.

Yang Menarik Di Kawasan Apparalang


Meloncat Dari Tebing Di Apparalang. Credit: travelingyuk.com/
Dari kejauhan lo sudah bisa melihat sebuah lanskap pemandangan pantai serta tebing yang indah. Serta Pantai Apparalang merupakan sebuah gugusan tebing batu dengan ciri khas warna lautnya. Lalu ada bongkahan batu yang terpisah dari induknya, sungguh perpaduan alami yang sangat indah.
Untuk lo yang suka dengan fotografi tentunya kawasan ini bisa menjadi salah tempat favorit lo. Karena terdapat banyak sekali spot serta dari perpaduan alamnya yang sangat indah membuat banyak hasil foto lo menyimpan sebuah karya yang menarik.



Setiap sudut dari tempat ini juga memiliki keindahannya masing-masing, sehingga tergantung bagaimana lo melihat secara keseluruhan dari wilayah ini. Buat lo yang memiliki jiwa petualang serta suka dengan tantangan, lo bisa lompat dari tebing yang memang tersedia di kawasan ini.




Sayang sekali ya obyek wisata seindah ini belum dikelola dengan serius bahkan sempat ditutup oleh PEMDA Bulukumba 2 tahun lalu

0 Response to "Tebing Apparalang Potensi wisata luar biasa di Bulukumba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel