Resep Bolu Sarang Semut Karamel




Bahan / Bumbu :
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 8 telur ayam
  • 100 gram tepung maizena
  • 1 sendok teh soda kue
  • 130 gram margarin
  • 1 sendok teh baking powder
  • 200 gram susu kental manis
  • Garam secukupnya
  • 500 gram gula pasir
  • 500 ml air panas
Cara Membuat :
  1. Siapkan teflon dan panaskan, setelah itu masukkan gula pasir sebanyak 500 gram yang sudah dipersiapkan. Setelah gula menjadi cair dan berubah kecokelatan, tambahkan air panas 500 ml. Aduk ampai rata agar gula tercampur dengan air panas. Setelah itu, angkat dan dinginkan.
  2. Berikutnya adalah membuat adonan kue bolu karamel. Cara membuat bolu karamel pertama siapkan wadah, boleh menggunakan baskom. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, dan soda kue. Campurkan bahan-bahan tersebut sampai rata.
  3. Siapkan baskom kosong, masukkan telur ayam dan garam. Kocok lepas sampai rata sampai mengental, cukup pakai pengocok manual saja atau menggunakan sendok saja. Tambahkan campuran tepung terigu ke dalam wadah yang berisi telur secara perlahan-lahan dan terus diaduk rata sampai semua bahan tepung habis.
  4. Tambahkan margarin yang telah dihancurkan dan aduk rata. Setelah itu, tambahkan susu kental manis. Nah, dan yang terakhir masukkan karamel yaitu gula pasur yang telah dilarutkan dengan air panas yang sudah kita buat. Aduk sampai bena-benar rata.
  5. Siapkan loyang dan olesi dengan margarin di pinggir-pinggirnya. Taburi juga telung diatasnya agar tidak lengket. Tuangkan adonan ke dalam loyang.
  6. Panggang adonan di dalam oven sampai matang. Setelah matang, sajikan dalam piring dan potong kue bolu karamel menjadi beberapa bagian.
  7. Sebagai tambahan, Anda bisa memberikan toping diatas bolu agar terlihat lebih menarik untuk disantap.
Itulah Resep Bolu Sarang Semut Karamel yang dapat Anda praktekkan sendiri di dapur rumah Anda. Jika memungkinkan, ajak suami dan anak untuk bekerjasama membuat kue bolu ini, maka kue bolu buatan sendiri siap dinikmati dengan citarasa kekinian dan menambah kehangatan di dalam keluarga. Apabila Anda akan mengadakan suatu acar tertentu, membuat bolu karamel sendiri akan membuat Anda lebih hemat. Karena selain bahannya mudah didapat, harganya pun juga relatif murah.
Perlu Anda ketahui bahwa mengayak tepung terigu akan menjadikan tepung lebih halus, sehingga nantinya akan didapatkan kue bolu yang lembut. Biasanya yang membutuhkan pengayakan adalah tepung terigu dan gula halus. Kebetulan pada Resep Bolu Sarang Semut Karamel kali ini yang diayak adalah campuran dari tepung terigu, soda kue, tepung maizena dan baking powder. Memasukkan tepung secara bertahap dan sedikit demi sedikit memastikan bahwa nantinya adonan tidak menggumpal. Lain halnya jika memasukkan tepung sekaligus maka kemungkinannya akan lama tercampur rata, menggumpal, dan akan mempengaruhi citarasa. Selamat mencoba, semoga berhasil bunda.

0 Response to "Resep Bolu Sarang Semut Karamel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel